Home » Energi Terbarukan » Energi Gelombang Laut

Energi Gelombang Laut


Dari namanya kita dapat mengetahui bahwa energi gelombang laut adalah jenis energi yang diperoleh dari pemanfaatan gelombang laut. Teknologi ini selain dapat memasok listrik juga dapat mendorong pertumbuhan kehidupan laut, kelebihan dari energi gelombang laut adlah tidak bising, tidak mengganggu pandangan dan tidak ada emisi gas buang CO2.

Gelombang laut terbentuk dari transfer energi matahari membentuk angin yang kemudian bertiup di permukaan laut sehingga air laut akan bergerak dalam gerakan melingkar (circular motion) dibawah permukaan laut.

Pemanfaatan gelombang laut umumnya terdapat 4 sistem dasar untuk mengkonversi energi langsung menjadi pembangkit listrik maupun di transfer energinya ke dalam bentuk lainnya.

Sistem tersebut adalah :

  1. Rakit cockerell
  2. Oscillating water column
  3. Tapered channel
  4. Float / buoy

 

  • Rakit cockerell

Sistem rakit cockerell ditemukan oleh sir Christopher cockerell. Sistem ini berbentuk untaian rakit-rakit yang saling dihubungkan oleh engsel dan sistem ini bergerak naik turun mengikuti bentuk gelombang, gerakan relatif rakit-rakit terhadap gelombang, menggerakkan pompa hidrolik selanjutnya diubah menjadi kekuatan listrik dalam generator (pembangkit listrik).

Gambar Teknologi Cockerell Raft

 

  • Oscillating water column

Oscillating water column beroperasi seperti turbin angin dengan prinsip perbedaan tekanan udara akibat gelombang laut. Ruangan udara dipasang di atas permukaan air laut, hal ini dimaksudkan agar gelombang air laut mengubah batas permukaan  dalam ruangan, dari perubahan batas permukaan ruangan terdapat kenaikan dan penurunan tekanan udara dalam ruangan.

Diatas ruangan udara dipasang sebuah turbin yang dapat dilewati oleh udara, baik udara keluar maupun udara masuk. Udara akan mengalir masuk ke dalam ruangan selama gelombang diluar turun dan udara akan keluar pada saat gelombang akan naik.

Dari sini terdapat dua arah aliran udara, untuk menjaga arah yang sama, maka turbin didesain agar berputar pada satu arah putaran saja agar tidak terpengaruh oleh arah aliran udara.

Gambar Teknologi Oscillating Water Column (OWC)

Hal yang harus diperhatikan pada pembuatan ruang udara oscillating water column adalah karakteristik dari perioda gelombang, tinggi gelombang, dan panjang gelombang pada iklim daerah terkait.

  • Tapered channel

Sistem tapered channel biasa disebut juga sistem tapchan atau sistem kanal meruncing, sistem ini dibangun dipantai untuk mengkonsentrasikan gelombang dengan sebuah kanal untuk membawa kedalam kolam penampung yang ditinggikan, hal ini dimaksudkan agar air yang masuk hanya air gelombang, dan agar dapat mengeluarkan air dari kolam penampung pada sisi lainnya, air yang keluar itulah yang dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik menggunakan teknologi standar hydropower.

Gambar Teknologi Tapered Channel (Tapchan)

 

  • Float / buoy

Sistem float / buoy merupakan sistem dengan model pelampung yang sering disebut juga point absorber, karena menyerap (mengkumpulkan) energi dari semua arah aliran di satu titik.

Sistem pelampung ini dapat menghasilkan daya dikarenakan memanfaatkan gelombang yang turun naik, sistem ini terdiri dari koil elektrik mengapung mengelilingi batang magnet ditengahnya sebagai poros pelampung yang dikaitkan kedasar laut. Saat ombak mencapai pelampung , maka pelampung tersebut akan bergerak naik dan turun secara relatif terhadap batang magnet sehingga menimbulkan beda potensial dan listrik dibangkitkan.

 

Daya yang dihasilkan oleh gelombang laut adalah :

 

Penjelasan

P = Daya yang dihasilkan (W/m)

ρ = Density dari air laut (1.025kg/m3)

g = percepatan gravitasi (m/s2)

T = Periode gelombang (s)

H = Ketinggian gelombang (m)

Dari keempat sistem diatas merupakan teknologi yang sudah diterapkan baik lingkungan akademis, maupun lingkungan praktisi atau peneliti, untuk dimanfaatkan lebih lanjut dan potensinya untuk diterapkan di Indonesia.


3 Comments

  1. lilik sigit says:

    suka,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: